Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Reaksi tubuh saat terinfeksi virus Covid-19 adalah membentuk daya tahan tubuh untuk membasmi virus

Reaksi tubuh saat terinfeksi virus Covid-19 adalah membentuk daya tahan tubuh untuk membasmi virus tersebut. Jika sistem kekebalan tubuh kuat, virus akan mati. Bagaimana cara antibodi dalam melawan virus Covid-19?

Jawab:

Ketika virus masuk dan menginfeksi tubuh, segera tubuh akan menciptakan antibodi untuk melawan virus tersebut. Sistem imunitas tubuh ternyata tersusun atas beberapa bagian. Ini termasuk pula respons dari garda atau lini pertama yang melibatkan sel-sel kekebalan tubuh, sebagai pengingat tubuh akan bagian sel yang diserang dan memicu infeksi. Respons yang muncul ini mengarah pada proses aktivasi yang kemudian dikenal dengan sistem kekebalan adaptif. Sistem ini ternyata sangat penting untuk masa berikutnya. 

Kekebalan adaptif sendiri bekerja dengan melibatkan dua jenis limfosit atau sel darah putih, yaitu sel T dan sel B. Sel T bertugas untuk membunuh sel tubuh yang terinfeksi oleh virus dan menghasilkan sejenis protein yang disebut dengan sitokin. Adapun sel B akan bertugas untuk membuat protein antibodi yang bisa menempel pada virus sehingga tidak masuk ke dalam sel.

Selanjutnya, sitokin akan menjalankan tugasnya untuk mengubah sel B menjadi sel dengan usia yang lebih panjang dan bisa menghasilkan antibodi yang lebih baik lagi. Nantinya, sel B inilah yang akan menjadi memori pada imunitas tubuh, sehingga akan dengan cepat merilis antibodi khusus apabila tubuh terkena paparan virus kembali. Umumnya, kekebalan sel B berikut kekebalan sel T dan antibodi akan bersama- sama melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Reaksi tubuh saat terinfeksi virus Covid-19 adalah membentuk daya tahan tubuh untuk membasmi virus"