Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem peredaran darah memiliki 5 fungsi utama. Sebut dan jelaskan fungsi peredaran darah tersebut

Sistem peredaran darah memiliki 5 fungsi utama. Sebut dan jelaskan fungsi peredaran darah tersebut!

Jawab:

a. Mengangkut O2 dan mengangkut CO2. Darah yang mengandung banyak O2 dari paru-paru akan beredar ke seluruh tubuh untuk digunakan dalam aktivitas sel. Darah yang mengandung banyak CO2 diangkut dari tubuh menuju paru-paru untuk dibuang saat bernapas.

b. Mengangkut nutrisi dan sisa metabolisme. Nutrisi dari makanan yang dicerna pada sistem pencernaan akan diserap ke dalam aliran darah melalui kapiler di vili (juluran kecil yang melapisi usus halus). Bentuk nutrisi yang diserap meliputi glukosa, asam amino, vitamin, mineral, dan asam lemak. Selanjutnya, nutrisi dalam darah akan diedarkan ke seluruh tubuh sebagai sumber energi dalam metabolisme sel. Proses metabolisme dalam tubuh menghasilkan zat sisa metabolisme. Darah kemudian akan mengangkut zat sisa metabolisme dari sel- sel tubuh ke ginjal melalui arteri ginjal dan hati (liver).

c. Mengangkut hormonSekresi hormon dari sistem endokrin diedarkan ke organ dan jaringan sasaran bersama aliran darah untuk digunakan sesuai fungsinya.

d. Sebagai sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh terdiri dari sel-sel yang bertanggung jawab atas imunitas tubuh, seperti sel darah putih (leukosit).

e. Mengatur suhu tubuh. Darah memiliki peran dalam membantu mempertahankan homeostasis (kestabilan suhu tubuh) melalui pelepasan atau konservasi panas.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Sistem peredaran darah memiliki 5 fungsi utama. Sebut dan jelaskan fungsi peredaran darah tersebut"