Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Endorse, Praktik Pemasaran Online yang Marak Dilakukan Influencer

Mengenal Endorse, Praktik Pemasaran Online yang Marak Dilakukan Influencer

Saat ini, istilah endorse mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pengguna media sosial. Fenomena endorse berkembang seiring dengan meningkatnya fungsi media sosial. Selain sebagai tempat berbagi kegiatan sehari-hari dan tempat pertukaran herbagai bentuk informasi, media sosial juga merupakan platform bisnis yang menjanjikan. Tren belanja masyarakat modern saat ini cukup bergantung pada sistem online, melalui media sosial ataupun e-commerce. Hal ini tidak terlepas dari aktivitas endorse yang dilakukan oleh para influencer media sosial. Peran endorse terbukti membawa dampak yang cukup signifikan untuk memperkenalkan produk dan menggaet pelanggan. Endorse berasal dari kata endorsement yang artinya sebuah bentuk periklanan yang menggunakan tokoh atau selebritas terkenal yang mendapat pengakuan, kepercayaan, rasa hormat, atau kesadaran tinggi di antara masyarakat. Orang-orang seperti ini mengiklankan produk dengan meminjamkan nama atau foto mereka guna mempromosikan suatu produk atau layanan. Pengiklan dan klien memiliki harapan bahwa persetujuan atau dukungan dari seorang selebritas dapat memengaruhi pembeli dan pola konsumsi mereka. Sebagai contoh, pembalap Valentino Rossi yang mendukung sebuah merek sepeda motor dan biskuit dapat memengaruhi remaja putra atau anak anak yang memandangnya sebagai panutan sehingga diharapkan bahwa remaja dan anak-anak tersebut akan tergerak untuk membeli produk yang ia endorse. Teknik pemasaran menggunakan sistem endorse biasanya sangat ampuh untuk produk-produk aspirasi atau gaya hidup. Endorse dapat memperbesar citra merek, terutama jika dilakukan oleh selebritas atau influencer berpengaruh.

Sumber: https://www.merdeka.com/jatim/mengenal-apa-itu-endorse-praktik pemasaran-online-yang-marak-dilakukan-influencer-kin.html

Berdasarkan artikel di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1.     Apakah endorse termasuk gejala sosial yang muncul akibat pengaruh globalisasi?  Jelaskan pendapat Anda!

2.     Apakah permasalahan globalisasi yang mendorong munculnya gejala endorse?

3.     Mengapa endorse menjadi model marketing yang diminati masyarakat terutama bagi kaum milenial?

Jawab:

1. Iya, proses komunikasi pada masa globalisasi yang tidak terbatas ruang dan waktu mendorong sistem pemasaran produk secara online. Masyarakat pun lebih meminati cara belanja online. Hal ini mendorong pola pikir untuk menyampaikan pesan marketing dalam jangkauan yang luas.

2. Konsumerisme mendorong munculnya endorse sebagai hubungan yang berkesinambungan dengan adanya pola hidup konsumtif masyarakat. Tingkat konsumerisme yang tinggi berpengaruh pada daya saing para produsen untuk menarik minat konsumen yaitu melalui endorse.

3. Endorse menjadi model marketing yang diminati masyarakat terutama bagi kaum milenial karena pada saat ini kaum milenial menguasai perkembangan teknologi informasi. Kaum milenial lebih modern dan mudah menerima pengaruh globalisasi. Kondisi ini mempermudah proses marketing dalam memperoleh pangsa pasar.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Mengenal Endorse, Praktik Pemasaran Online yang Marak Dilakukan Influencer"