Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Identifikasikan ciri-ciri Negara kesatuan Republik Indonesia!

Identifikasikan ciri-ciri Negara kesatuan Republik Indonesia!

Jawab:
Negara Kesatuan Republik Indonesia mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Bentuk negara. Indonesia merupakan negara yang berbentuk republik dengan ciri negara kesatuan bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  2. Wilayah negara. Wilayah Indonesia terdiri dari daratan, lautan atau perairan, dan udara. Daratan Indonesia terdiri dari pulau- pulau yang dipisahkan oleh perairan. Wilayah Indonesia terbagi dalam 34 provinsi (tahun 2019) yang mana tiap-tiap provinsi dibagi menjadi beberapa kabupaten/kota. Setiap provinsi dan kabupaten/kota diberi wewenang untuk mengurus daerahnya masing-masing.
  3. Keadaan penduduk. Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang sangat padat, melebihi 200 juta jiwa. Apabila jumlah penduduk yang sangat besar ini bisa dikelola dan dikembangkan potensinya, akan menjadi sumber daya manusia yang luar biasa. Indonesia juga terdiri dari berbagai suku, budaya, dan agama. Namun, perbedaan-perbedaan tersebut tidak menjadi penghalang untuk tetap bersatu.
  4. Kebudayaan. Banyaknya suku bangsa di Indonesia menyebabkan Indonesia mempunyai keanekaragaman budaya. Selain dari kebudayaan asli, ada pula yang merupakan gabungan dari kebudayaan luar yang masuk pada zaman dahulu, misalnya kebudayaan Arab, Cina, dan India. Dengan berbagai kebudayaan ini membuat Indonesia semakin kaya budaya dan mempunyai keunikan tersendiri.
------------#------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
WA /LINE : 081 669 2375

Post a Comment for "Identifikasikan ciri-ciri Negara kesatuan Republik Indonesia!"