Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sepasang suami istri telah menikah dan belum memiliki anak. Pasangan tersebut memiliki kebiasaan berendam

Sepasang suami istri telah menikah dan belum memiliki anak. Pasangan tersebut memiliki kebiasaan berendam di air panas setiap mandi. Hubungan antara berendam di air panas dengan sulitnya memperoleh keturunan adalah ....
A.   Berendam dengan air panas menghambat proses oogenesis
B.    Berendam dengan air panas menghambat proses spermatogenesis
C.    Berendam dengan air panas menghambat proses ovulasi
D.   Berendam dengan air panas menghambat perkembangan zigot
E.    Berendam dengan air panas menghambat perkembangan sel telur di ovarium

Pembahasan:
Khusus untuk para lelaki, proses pembentukan sperma (spermatogenesis) terjadi di dalam testis yang dilindungi oleh skrotum (kantong pelir). Proses ini memerlukan suhu yang lebih rendah dari suhu tubuh normal manusia, yaitu sekitar 33,5oC atau sekitar 3oC –4oC lebih rendah dari suhu tubuh normal. Oleh karena itu, testis ini dilindungi oleh skrotum yang memiliki otot dan termoreseptor yang sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Proses pembentukan sperma berlangsung pada suhu yang lebih rendah dari suhu tubuh. Oleh karena itu, seorang pria yang sering mandi dengan air hangat, proses spermatogenesisnya akan terganggu yang pada akhirnya sperma yang dihasilkan pun tidak akan baik kualitasnya.

Jawaban: B
------------#------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
WA /LINE : 081 669 2375

Post a Comment for "Sepasang suami istri telah menikah dan belum memiliki anak. Pasangan tersebut memiliki kebiasaan berendam"