Untuk melindungi produk dalam negeri, suatu negara dapat menerapkan kebijakan-kebijakan impor

Untuk melindungi produk dalam negeri, suatu negara dapat menerapkan kebijakan-kebijakan impor. Dengan kebijakan impor tersebut dapat menghambat perdagangan internasional. Analisislah bentuk-bentuk kebijakan yang dapat menghambat perdagangan internasional!

Jawab:
Kebijakan perdagangan internasional yang dilakukan oleh pemerintah bertujuan melindungi perekonomian dalam negeri yang bersifat protektif. Kebijakan-kebijakan tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Penetapan tarif atau bea masuk. Setiap barang yang akan masuk suatu negara akan dikenakan bea masuk sehingga dapat menghambat perdagangan internasional.
  2. Kuota merupakan kebijakan untuk membatasi jumlah maksimal barang yang diimpor sehingga produk-produk yang diimpor terbatas jumlahnya. Hal ini dapat menghambat perdagangan internasional.
  3. Larangan ekspor impor untuk produk-produk tertentu, bagi suatu negara larangan ekspor impor bertujuan melindungi produsen dalam negeri. Namun, hal ini dapat menghambat perdagangan internasional.
  4. Subsidi, subsidi diberikan kepada produsen dalam negeri agar kualitas produksi meningkat sehingga harga yang dijual di dalam negeri relatif lebih murah dibandingkan produk impor.


----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

0 Response to "Untuk melindungi produk dalam negeri, suatu negara dapat menerapkan kebijakan-kebijakan impor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel