Jelaskan tahap persiapan lahan pada budi daya tanaman kentang!

Jelaskan tahap persiapan lahan pada budi daya tanaman kentang!

Jawab:
Persiapan lahan pada budi daya tanaman kentang adalah sebagai berikut.

  1. Mencangkul Tanah, Tanah harus dicangkul sedalam 30–40 cm. Setelah dicangkul, tanah dibiarkan beberapa hari agar mendapat sinar matahari sehingga peredaran udara lancar serta hama dan bakteri bisa terbunuh.
  2. Menggemburkan Tanah, Setelah dicangkul, tanah harus dilembutkan dan digemburkan. Tanaman kentang hanya bisa tumbuh dengan baik pada tanah yang gembur sekali. Dalam tanah yang gembur, akar kentang sebagai asal terjadinya umbi bisa berkembang secara maksimal. Tanah yang kurang gembur dapat menghambat proses terjadinya umbi. Untuk menggemburkan tanah dapat digunakan cangkul berukuran sedang atau garu.
  3. Membuat Bedengan, Bedengan perlu dibuat sebagai tempat penanaman kentang. Bedengan bisa memudahkan petani untuk memelihara tanaman kentang. Dengan bedengan, tanaman kentang tidak akan tergenang air jika hujan turun. Bedengan sebaiknya dibuat membujur ke arah barat-timur. Lebarnya lebih kurang 70 cm (untuk satu jalur tanaman) atau 140 cm (untuk dua jalur tanaman). Panjangnya disesuaikan kondisi tanah. Tinggi bedengan lebih kurang 15 cm, sedangkan parit bedengan lebarnya lebih kurang 25 cm. Parit-parit bedengan selain berfungsi sebagai jalan untuk merawat tanaman, juga sebagai saluran air. Oleh karena itu, parit-parit bedengan ini dibuat sedemikian rupa agar air dapat mengalir lancar bila turun hujan.
  4. Membuat Saluran Air, Saluran air dibuat untuk pembuangan dan untuk mengalirkan air. Hal ini dimaksudkan agar air tidak menggenang di parit-parit bedengan. Tanaman kentang sangat peka terhadap air, terlebih sejak penanaman sampai berumur dua bulan. Akar tanaman kentang yang tergenang air akan membusuk, kemudian tanaman kentang pun layu.
  5. Meratakan Tanah, Proses meratakan tanah ini perlu dilakukan agar permukaan bedengan rata atau datar dan tidak terdapat bongkahan-bongkahan tanah lagi.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

0 Response to "Jelaskan tahap persiapan lahan pada budi daya tanaman kentang!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel