Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemukakan sumber sejarah berupa prasasti yang menerangkan tentang dinasti Syailendra!

Dinasti Syailendra merupakan dinasti Kerajaan Mataram Kuno yang bercorak Buddha. Kemukakan sumber sejarah berupa prasasti yang menerangkan tentang dinasti Syailendra!

Jawab:
Berikut sumber sejarah berupa prasasti yang menerangkan tentang dinasti Syailendra.

  1. Prasasti Kalasan (778 M). Dalam Prasasti Kalasan menyebutkan tentang seorang raja dari dinasti Syailendra yang berhasil menunjuk Rakai Pangkaran untuk mendirikan satu bangunan suci bagi Dewi Tara dan sebuah wihara untuk para pendeta.
  2. Prasasti Kelurak (782 M) di daerah Prambanan. Prasasti Kelurak menyebutkan pembuatan arca Manjusri yang merupakan perwujudan Sang Buddha, Wisnu, Manjusri, serta Sanggha yang dapat disamakan dengan Brahma, Wisnu, dan Syiwa. Prasasti Kelurak juga menyebutkan nama raja yang memerintah pada saat itu yaitu Raja Indra.
  3. Prasasti Ratu Boko (856 M). Dalam Prasasti Ratu Boko menyebutkan kekalahan Raja Balaputradewa dalam perang saudara melawan kakaknya (Pramodhawardhani), dan selanjutnya melarikan diri ke Sriwijaya.
  4. Prasasti Nalanda (860 M). Dalam Prasasti Nalanda menyebutkan tentang asal-usul Raja Balaputradewa. Disebutkan bahwa Balaputradewa adalah putra dari Raja Samaratungga dan cucu dari Raja Indra.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Kemukakan sumber sejarah berupa prasasti yang menerangkan tentang dinasti Syailendra!"