Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dalam suatu perwilayahan terbagi menjadi beberapa bagian. Deskripsikan lima contoh dari perwilayahan

Dalam suatu perwilayahan terbagi menjadi beberapa bagian. Deskripsikan lima contoh dari perwilayahan tersebut!

Jawab:

Berikut pembagian perwilayahan.

  1. Core region, adalah inti wilayah yang biasanya berupa daerah metropolitan yang terdiri dari dua atau lebih kota-kota yang berkelompok. Contoh: kota Jakarta.
  2. Development axes (poros pembangunan), adalah daerah yang menghubungkan dua atau lebih core region. Biasanya berupa jalur memanjang di koridor transportasi. Contoh: jalur transportasi yang menghubungkan kota Yogyakarta, Solo, dan Semarang.
  3. Resource frontier region, adalah suatu wilayah baru yang mulai berkembang dan nantinya akan menjadi daerah yang produktif. Daerah ini biasanya terletak jauh dari core region. Contoh: daerah transmigrasi, kawasan industri, daerah perkebunan, dan sebagainya.
  4. Depressed region atau daerah tertekan, adalah suatu daerah yang mengalami penurunan tingkat ekonominya dan daerahnya sulit untuk berkembang. Daerah ini biasanya tertekan secara sosial dan ekonomi, sehingga cenderung menjadi daerah yang tertinggal dibandingkan dengan daerah lainnya.
  5. Special problem region, adalah suatu daerah yang terletak pada lokasi yang khusus dengan karakteristik tertentu.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Dalam suatu perwilayahan terbagi menjadi beberapa bagian. Deskripsikan lima contoh dari perwilayahan"