Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dua mobil A dan B bergerak melalui jalan yang sama dan berangkat dari titik awal yang sama secara

Dua mobil A dan B bergerak melalui jalan yang sama dan berangkat dari titik awal yang sama secara bersamaan. Kurva kecepatan v kedua mobil sebagai fungsi waktu t seperti pada gambar di samping.
a.     Tentukan persamaan jarak tempuh mobil A dan mobil B sebagai fungsi dari waktu!
b.     Kapan dan di mana mobil A berhasil menyusul mobil B?
c.     Buatlah sketsa kurva posisi kedua mobil terhadap waktu dalam satu gambarl (Ambil selang waktu sejak kedua mobil berangkat hingga sesaat setelah mobil A menyusul mobil B)
d.     Jika setelah menempuh jarak 60 m mobil A melambat dengan besar perlambatan yang sama dengan besar percepatan ketika awal perjalanan, kapan dan di manakah mobil B berhasil menyusul mobil A?

Pembahasan:
Dijawab:
a.     Persamaan jarak tempuh A dan B sebagai fungsi dari waktu. Mobil B bergerak lurus beraturan, kecepatannya selalu sama setiap waktu yaitu 4 m/s. Persamaan jarak tempuhnya adalah kecepatan awal dikali waktu: 
x(t) = 4t

Mobil A bergerak lurus berubah beraturan, dengan kecepatan awal vo = 2 m/s dan saat t = 4 s, kecepatannya adalah 4 m/s. Percepatan mobil A dicari dahulu:

b.     Kapan dan di mana mobil A berhasil menyusul mobil B. Mobil A menyusul B saat jarak tempuh keduanya sama:

c.     Sketsa kurva posisi kedua mobil terhadap waktu dalam satu gambar. Ambil selang waktu sejak kedua mobil berangkat hingga sesaat setelah mobil A menyusul mobil B.


d.     Jika setelah menempuh jarak 60 m mobil A melambat dengan besar perlambatan yang sama dengan besar percepatan ketika awal perjalanan, kapan dan di manakah mobil B berhasil menyusul mobil A? Waktu yang diperlukan mobil A menempuh 60 m adalah:

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Dua mobil A dan B bergerak melalui jalan yang sama dan berangkat dari titik awal yang sama secara"