Kemukakan beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh sejarawan untuk membuktikan bahwa informasi

Kritik intern dilakukan untuk membuktikan bahwa informasi dalam sumber tersebut dapat dipercaya. Kemukakan beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh sejarawan untuk membuktikan bahwa informasi dalam sumber tersebut dapat dipercaya!

Jawab:

Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh sejarawan untuk membuktikan bahwa informasi dalam sumber dapat dipercaya.

  1. Menentukan sifat sumber (resmi/formal atau tidak resmi/informal). Sumber informal dalam penelitian sejarah dinilai lebih berharga daripada sumber formal sebab sumber informal bukan dimaksudkan untuk dibaca banyak orang sehingga isinya bersifat terus terang dan objektif.
  2. Menyoroti penulis sumber sebab penulis tersebut yang memberikan informasi. Pembuatan sumber harus dipastikan bahwa kesaksiannya dapat dipercaya. Informan harus mampu memberikan kesaksian yang benar atas suatu peristiwa.
  3. Membandingkan kesaksian dari berbagai sumber dengan menjajarkan kesaksian para saksi yang tidak berhubungan satu dari yang lain sehingga informasi yang diperoleh objektif.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

0 Response to "Kemukakan beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh sejarawan untuk membuktikan bahwa informasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel