Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peristiwa yang terjadi pada masa lampau dapat dikategorikan sebagai peristiwa sejarah jika memenuhi Peristiwa yang terjadi pada masa lampau dapat dikategorikan sebagai peristiwa sejarah jika memenuhi

Peristiwa yang terjadi pada masa lampau dapat dikategorikan sebagai peristiwa sejarah jika memenuhi syarat-syarat, Kemukakan syarat-syarat tersebut!

Jawab:

Berikut syarat-syarat suatu peristiwa dapat dikategorikan sebagai peristiwa sejarah.

  1. Objektif. artinya sebuah peristiwa didukung oleh fakta sejarah yang dapat menunjukkan bahwa peristiwa tersebut benar-benar terjadi. Peristiwa sejarah bukanlah peristiwa rekaan atau hasil imajinasi. Buktinya dapat berupa foto, rekaman, kesaksian pelaku sejarah, atau arsip.
  2. Unik. artinya tidak ada peristiwa lain yang sama dengan peristiwa yang terjadi pada waktu itu.
  3. Penting. Penting artinya setiap peristiwa memiliki arti penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan serta kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Fakta sejarah tidak hanya berupa angka, artefak, atau peristiwa, tetapi mengandung pelajaran serta hikmah tertentu bagi kehidupan manusia pada masa kini dan masa depan.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Peristiwa yang terjadi pada masa lampau dapat dikategorikan sebagai peristiwa sejarah jika memenuhi Peristiwa yang terjadi pada masa lampau dapat dikategorikan sebagai peristiwa sejarah jika memenuhi "