Terangkan tentang penulisan sejarah tradisional!

Di Indonesia penulisan (historiografi) dibagi menjadi tiga, yaitu historiografi tradisional, historiografi Kolonial, dan historiografi nasional (modern). Terangkan tentang penulisan sejarah tradisional!

Jawab:

Penulisan sejarah tradisional adalah penulisan sejarah yang dimulai dari zaman Hindu sampai masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia. Penulisan sejarah pada zaman ini berpusat pada masalah-masalah pemerintahan dari raja-raja yang berkuasa, bersifat istanasentris, yang mengutamakan keinginan dan kepentingan raja. 

Adapun tujuan penulisan sejarah tradisional adalah menghormati dan meninggikan kedudukan raja, nama raja, serta wibawa raja, agar raja tetap dihormati, tetap dipatuhi, dan dijunjung tinggi. Penulisan sejarah pada masa itu sebetulnya lebih merupakan ekspresi budaya daripada usaha untuk merekam masa lampau sebagaimana halnya sejarah yang kita kenal sekarang. Untuk menulis karya sejarah pada waktu itu tidak diperlukan penguasaan dan penerapan metodologi, cukup kemampuan menyusun cerita dari peristiwa di masa lalu, maka jadilah karya sejarah. Penulisan sejarah pada masa itu tidak ditujukan untuk mendapatkan kebenaran sejarah melalui pembuktian fakta-fakta, tetapi diperoleh melalui pengakuan dan untuk diabdikan kepada penguasa. Oleh karena itu, dalam historiografi tradisional tercipta unsur-unsur sastra yang menyuguhkan karya mitologi dan imajinatif. Walaupun demikian, di dalamnya sudah ada batasan waktu dan urutan kejadian sehingga telah melahirkan historisasi mitologi.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

 

0 Response to "Terangkan tentang penulisan sejarah tradisional!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel