Analisislah cara yang dapat dilakukan pemerintah untuk menekan laju inflasi!

Analisislah cara yang dapat dilakukan pemerintah untuk menekan laju inflasi!

Jawab:

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menekan laju inflasi.

  1. Menjaga keserasian antara laju penambahan uang beredar serta laju pertumbuhan barang dan jasa. Penambahan jumlah uang beredar harus dilakukan secara proporsional dengan tingkat pertumbuhan penawaran barang dan jasa. Di samping itu, jumlah uang beredar senantiasa harus dipantau dan dikendalikan. Beberapa instrumen yang dapat digunakan oleh pemerintah (Bank Indonesia) guna mengendalikan jumlah uang beredar adalah politik operasi pasar terbuka (open market operation), politik diskonto dan bunga pinjaman, serta politik mengubah cadangan minimal bank-bank umum pada Bank Indonesia. Selain itu, perlu dilakukan pengawasan pinjaman secara selektif maupun pembujukan moral (moral persuasion).
  2. Menjaga kestabilan nilai tukar mata uang. Nilai tukar rupiah yang cenderung merosot terhadap mata uang asing, akan mendorong laju inflasi. Sebab negara kita masih banyak mengimpor barang-barang modal dan juga bahan baku produksi. Jika mata uang rupiah merosot, harga barang-barang impor untuk kebutuhan produksi menjadi lebih mahal. Hal ini berarti akan menaikkan biaya produksi, yang selanjutnya akan menaikkan harga barang dan jasa di pasar.
  3. Melakukan intervensi pasar. Pada masa-masa tertentu dapat terjadi lonjakan terhadap permintaan barang-barang di pasar, seperti menjelang hari raya Idul fitri dan Natal. Keadaan ini tidak dapat dibiarkan terus, karena dapat menyulut kenaikan harga barang-barang pada umumnya. Kenaikan harga barang-barang secara temporer memang tidak dapat disebut inflasi.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

0 Response to "Analisislah cara yang dapat dilakukan pemerintah untuk menekan laju inflasi!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel