Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisislah kebijakan yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah pengangguran melalui

Analisislah kebijakan yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah pengangguran melalui instrumen kebijakan fiskal!

Jawab:

Kebijakan fiskal merupakan kebijakan pemerintah melalui APBN dalam memengaruhi perekonomian negara. Melalui kebijakan fiskal pemerintah dapat mengatasi pengangguran dengan jalan sebagai berikut.

  1. Pengurangan pajak penghasilan. Dengan mengurangi pajak penghasilan akan me- nambah pendapatan rumah tangga dan dapat meningkatkan daya beli masyarakat. Hal ini akan menyebabkan peningkatan pengeluaran secara agregat sehingga pen- dapatan nasional akan meningkat dan dapat menambah kesempatan kerja.
  2. Pemerintah menambah pengeluaran negara yang digunakan untuk investasi melalui pembelian barang dan jasa. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan pengeluaran agregat dan peningkatan pendapatan nasional. Peningkatan pendapatan nasional dapat menambah kesempatan kerja.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Analisislah kebijakan yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah pengangguran melalui "