Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan faktor penghambat mobilitas sosial!

Sebutkan faktor penghambat mobilitas sosial!

Jawab:

Faktor penghambat mobilitas sosial adalah faktor-faktor yang menyebabkan tidak terjadinya perpindahan posisi individu dari lapisan sosial yang satu ke lapisan sosial lain.

  1. Faktor ekonomi (kemiskinan). Orang yang memiliki kemampuan produksi dan konsumsi yang rendah, lebih sulit untuk berpindah ke lapisan sosial yang lain.
  2. Diskriminasi kelas sosial. Diskriminasi (pembedaan perlakuan) kelas sosial dianggap menghambat terjadinya mobilitas sosial karena orang yang menjadi korban diskriminasi tidak akan mampu berpindah ke lapisan sosial yang lebih baik. Misalnya, perlakuan rumah sakit terhadap pasien yang tidak berduit.
  3. Perbedaan ras dan agama. Faktor penghambat mobilitas sosial karena perbedaan ras dan agama biasanya terjadi dalam suatu lingkungan kerja yang didominasi ras dan agama tertentu. Orang yang kerjanya bagus bisa susah naik jabatan hanya karena tergolong sebagai ras dan pemeluk agama minoritas.
  4. Perbedaan jenis kelamin. Dalam struktur masyarakat tertentu, perempuan biasanya dipandang lebih lemah daripada laki-laki. Hal ini menyebabkan perempuan terhambat melakukan mobilitas sosial untuk mencapai lapisan sosial yang lebih tinggi.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Sebutkan faktor penghambat mobilitas sosial!"