Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Uraikan manfaat laut sebagai sumber energi!

Uraikan manfaat laut sebagai sumber energi!

Jawab:

Laut juga terkenal sebagai salah satu sumber energi terbarukan yang pada saat ini memang belum tergarap dengan sempurna. Berbagai potensi energi terbarukan sebenarnya terdapat di laut Indonesia dalam jumlah yang sangat besar, di antaranya terdapat arus laut abadi yang menghubungkan dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Pasifik yang di bawah lautnya terdapat arus abadi yang jika digunakan untuk menggerakkan turbin listrik, bukan saja Indonesia melainkan juga daratan Asia bisa terang benderang olehnya.

Sayangnya arus laut yang menghubungi dua samudra ini belum sama sekali digarap sebagai sumber energi potensial. Selain itu juga terdapat energi pasang surut, perbedaan suhu air laut, gelombang, dan sebagainya.

Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau bekerja sama dengan perguruan tinggi di Riau dan Lembaga Riset ESDM Jakarta telah menemukan arus pasang surut Selat Malaka sangat potensial untuk dikembangkan sebagai sumber energi listrik, terutama untuk daerah Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai, dan Pelalawan. Termasuk juga sebagian dari daerah Indragiri Hilir.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat

Jangan lupa komentar & sarannya

Email: nanangnurulhidayat@gmail.com

Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Uraikan manfaat laut sebagai sumber energi!"