Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan tiga fase dalam siklus menstruasi!

Jelaskan tiga fase dalam siklus menstruasi!

Jawab:

Berikut tiga fase dalam siklus menstruasi.

  1. Fase proliferasi. Fase ini dikendalikan oleh hormon estrogen maka disebut juga ”fase estrogenic” fase ini dimulai pada hari ke-5 sampai hari ke-14 dari siklus. Setiap bulan setelah haid, hipofisis anterior akan menyekresikan FSH (follicle stimulating hormone). Hormon ini berpengaruh terhadap proses pertumbuhan dan pematangan ovum dan folikel de Graaf. Selama pertumbuhan folikel menjadi folikel de Graaf terjadi proses pembentukan dan pengeluaran hormon estrogen. Estrogen berfungsi untuk membangun endometrium sehingga endometrium rahim menebal hingga 5–7 cm. Selain itu, estrogen juga memengaruhi kelenjar serviks untuk menghasilkan cairan encer.
  2. Fase sekresi (fase progesteron). Fase ini terjadi pada hari ke-14 sampai hari ke-28 dari siklus. Folikel de Graaf yang pecah pada saat ovulasi berubah menjadi korpus rubrum yang mengandung banyak darah. Adanya LH menyebabkan korpus rubrum berubah menjadi korpus luteum (badan kuning). Korpus luteum menyekresikan hormon progesteron. Selama fase sekresi, endometrium terus menebal. Arteri-arteri membesar dan kelenjar endometrium tumbuh. Perubahan pada endometrium dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron yang disekresiksn oleh korpus luteum sesudah ovulasi. Jika tidak terjadi kehamilan, maka korpus luteum akan berdegenerasi sehingga progesteron dan estrogen menurun bahkan sampai hilang.
  3. Fase menstruasi. Fase ini berlangsung selama 4–6 hari dalam satu siklus. Karena hormon progesteron dan estrogen berhenti dikeluarkan, maka endometrium mengalami degenerasi. Darah mukus dan sel-sel epitel dikeluarkan sebagai darah haid dari rongga uterus ke vagina. Dengan menurun dan hilangnya progesteron dan estrogen, FSH aktif diproduksi lagi, dan siklus dimulai kembali.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Jelaskan tiga fase dalam siklus menstruasi!"