Salah Siapa Ketika hari pertama aku masuk sekolah tinggi berbasis, Unsur humor yang mengandung sindiran

Bacalah teks anekdot berikut dengan saksama!

Salah Siapa


Ketika hari pertama aku masuk sekolah tinggi berbasis adiwiyata, aku sangat senang dan kagum. Kenapa? Karena yang pertama aku lihat adalah sebuah pintu gerbang megah dengan hiasan logo dan tulisan nama sekolah. Beberapa langkah setelah melewati pintu gerbang itu, mataku masih saja terpana dengan pemandangan taman, gedung-gedung, lahan parkir kendaraan, dan aula yang megah dan terkesan mewah.


Namun, setelah masuk lebih dalam di lingkungan sekolah itu, aku heran karena melihat sebuah pemandangan yang berbeda dari yang pernah aku lihat. Di situ aku melihat tumpukan sampah di setiap ujung-ujung kelasnya. Tidak hanya di dalam kelas saja, namun di ruangan guru juga ternyata banyak sampah berserakan.


Suatu hari aku pernah sekali menegur temanku karena dia suka banget buang sampah sembarangan.

“Woy, kalau buang sampah jangan sembarangan dong! Ini kan sekolah adiwiyata, lu nggak malu apa sama gelar sekolah ini?!”.

Teman aku pun menjawab, “Halahh, yang punya gelar adiwiyata kan sekolahnya bukan siswanya, jadi plis slow aja!”.

Ini jawaban paling ngeselin sepanjang masa, haduh bikin males aja. Kemudian pernah juga ada sebuah keadian yang sangat mencengangkan. Kejadian ini terjadi pada saat ujian tengah semester sedang berlangsung, di mana ada seorang guru menemukan ada salah satu lembar jawaban ujian siswanya yang masih bersih dan sama sekali tanpa sebuah coretan sedikitpun kecuali pada bagian nama dan nomor induk.

“Loh kok, kenapa lembar jawaban kamu masih kosong begini?”, tanya bu guru.

Si murid itu pun menjawab dengan pelan dan sambil senyum pede, “Nah kan justru itu Bu, sekolah kita ini kan sekolah yang memilik gelar adiwiyata, ya otomatis segala sesuatunya harus bersih semua”, jawab si murid.

                                                            (Sumber: https://ekspektasia.com/contoh-teks-anekdot/)

Unsur humor yang mengandung sindiran dalam teks anekdot tersebut adalah ....

  A.   Kekaguman siswa pada sekolah barunya yang berpredikat sekolah adiwiyata.

 B. Kekesalan siswa mendengar jawaban temannya ketika ditegur karena membuang sampah sembarangan.

 C. Siswa baru yang merasa heran dengan sikap teman-temannya yang membuang sampah sembarangan.

 D.Alasan siswa membuang sampah sembarangan karena yang berpredikat adiwiyta adalah sekolahnya, bukan siswanya dan alasan siswa ketika ditanya guru mengapa kertas ulangannya masih bersih.

  E.    Sikap guru yang kurang tegas dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Pembahasan:

Unsur humor yang mengandung sindirin dalam teks anekdot tersebut adalah Alasan siswa membuang sampah sembarangan karena yang berpredikat adiwiyta adalah sekolahnya, bukan siswanya dan alasan siswa ketika ditanya guru mengapa kertas ulangannya masih bersih..

Jawaban: D

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

0 Response to "Salah Siapa Ketika hari pertama aku masuk sekolah tinggi berbasis, Unsur humor yang mengandung sindiran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel