Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Kamu, merupakan novel karya Tere Liye, Kalimat resensi berisi keunggulan buku yang tepat

Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

    Tentang Kamu, merupakan novel karya Tere Liye yang menceritakan kisah hidup wanita dari keluarga miskin yang tinggal di Pulau Bungin, Kepulauan Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Wanita itu adalah Sri Ningsih.

    Perjalanan dimulai dari Zaman yang datang ke tempat Sri Ningsih kecil. Zaman menceritakan masa kecil Sri Ningsih yang tinggal bersama ibu tirinya. Bapaknya melaut tidak pulang-pulang sehingga ibu tirinya menjadi galak dan sering memukuli Sri Ningsih. Suatu hari terjadi kebakaran yang membuat ibu tirinya meninggal. Ia dan adiknya tinggal di pondok pesantren di Surakarta.

    Sri Ningsih adalah wanita pekerja keras. Ia pernah menjadi pedagang kaki lima, membuka rental mobil hingga membuka pabrik sabun sendiri di Jakarta. Lalu, Ia memutuskan untuk ke London. Perjalanan hidupnya berakhir di Paris. Ia tinggal di panti jompo sebelum meninggal. Ia meninggalkan surat wasiat yang unik sehingga jejak hidupnya dapat ditelusuri oleh Zaman. 

     Pilihan dan susunan kata yang digunakan Tere Liye di dalam novel dapat menghanyutkan pembaca. Covernya menjadi daya tarik orang untuk membacanya. Selain itu, banyak dijumpai amanat baik tersirat maupun tersurat.  Sayangnya, sinopsis yang dituangkan di cover belakang kurang sesuai untuk menggambarkan keseluruhan isi cerita.

Kalimat resensi berisi keunggulan buku yang tepat adalah ....

    A.     Tentang Kamu, merupakan novel karya Tere Liye yang menceritakan kisah hidup wanita dari keluarga miskin yang tinggal di Pulau Bungin, Kepulauan Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Wanita itu adalah Sri Ningsih.

    B.      Tokoh dalam novel ini adalah Sri Ningsih sosok wanita pekerja keras yang mengalami bayak cobaan dalam hidupnya.

    C.      Perjalanan hidup tokoh diceritakan dengan sangat menarik olepengarang dari tokoh wanita miskin dari Sumbawa hingga akhir hidupnya di panti jompo di Paris.

    D.     Pilihan dan susunan kata yang digunakan Tere Liye di dalam novel dapat menghanyutkan pembaca, covernya menjadi daya tarik orang untuk membacanya. Selain itu, banyak dijumpai amanat baik tersirat maupun tersurat.

    E.      Sayangnya, sinopsis yang dituangkan di cover belakang kurang sesuai untuk menggambarkan keseluruhan isi cerita.

Pembahasan:

Kalimat resensi berisi keunggulan buku yang tepat adalah "Pilihan dan susunan kata yang digunakan Tere Liye di dalam novel dapat menghanyutkan pembaca, covernya menjadi daya tarik orang untuk membacanya. Selain itu, banyak dijumpai amanat baik tersirat maupun tersurat."

Jawaban: D

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for " Tentang Kamu, merupakan novel karya Tere Liye, Kalimat resensi berisi keunggulan buku yang tepat"