Kemukakan tokoh-tokoh yang melakukan gerakan bawah tanah!

Kemukakan tokoh-tokoh yang melakukan gerakan bawah tanah!

Jawab:

Berikut tokoh-tokoh yang melakukan gerakan bawah tanah.

  1. Kelompok Sukarni, Bersama Adam Malik, Kusnaeni, Pandu Wiguna, dan Maruto Nitimiharjo, Sukarni menggembleng para pemuda untuk berjuang demi kemerdekaan Indonesia, menyebarluaskan cita-cita kemerdekaan, menghimpun orang-orang yang berjiwa revolusioner, serta mengungkapkan kebohongan-kebohongan yang dilakukan Jepang.
  2. Kelompok Ahmad Subarjo, Ahmad Subarjo pada masa Pendudukan Jepang menjabat sebagai kepala Biro Riset Kaigun Bukanfu (Kantor Penghubung Angkatan Laut). Sambil melakukan tugas di kantor penghubung Angkatan Laut, Ahmad Subarjo berusaha menghimpun tokoh-tokoh bangsa Indonesia yang bekerja di Angkatan Laut Jepang dan mendirikan asrama pemuda yang bernama ”Asrama Indonesia Merdeka”. Di asrama tersebut para pemuda Indonesia diberi pelajaran-pelajaran untuk menanamkan semangat nasionalisme.
  3. Kelompok Sutan Syahrir, Dalam mengadakan perlawanan dengan Jepang, Sutan Syahrir membangun jaringan gerakan bawah tanah antifasis. Oleh karena itu, kaum pergerakan terus menyiapkan diri untuk merebut kemerdekaan pada saat yang tepat.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

0 Response to "Kemukakan tokoh-tokoh yang melakukan gerakan bawah tanah!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel