Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proses integrasi tidak bisa terjadi begitu saja. Integrasi merupakan proses panjang dalam waktu lama

Proses integrasi tidak bisa terjadi begitu saja. Integrasi merupakan proses panjang dalam waktu lama. Terjadinya proses integrasi suatu bangsa harus dilandasi suatu cita-cita atau tujuan yang sama. Upaya integrasi nasional bangsa Indonesia jika dilihat dari sejarahnya telah lama dilakukan, yaitu mulai zaman Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit. Kedua kerajaan tersebut berusaha mempersatukan seluruh wilayah kekuasaan di bawah naungan kerajaan tersebut. Proses integrasi terus berlangsung sampai dengan berkembangnya kekuasaan Islam di Indonesia. Terjalinnya hubungan komunikasi antardaerah di Indonesia mengakibatkan terjadinya integrasi di segala bidang kehidupan antarberbagai suku di Indonesia. Proses integrasi yang terjadi pada abad ke-16 sampai dengan abad ke-19 bermanfaat besar dalam perkembangan bangsa Indonesia sekarang. Analisislah manfaat proses integrasi dalam perkembangan bangsa Indonesia!

Jawab:

Melalui proses integrasi, bangsa Indonesia yang terdiri dari banyak suku dapat disatukan ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Walaupun terdiri dari berbagai bahasa daerah dan berada di berbagai pulau, Indonesia dapat disatukan oleh bahasa Indonesia. Perbedaan yang ada dalam diri bangsa Indonesia dapat dinetralisasi dengan toleransi, saling menghormati, dan tenggang rasa. Proses integrasi bangsa Indonesia juga dipermudah dengan adanya perkawinan campuran antarsuku bangsa. Hal itu disebabkan oleh makin pesatnya komunikasi dan transportasi.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Proses integrasi tidak bisa terjadi begitu saja. Integrasi merupakan proses panjang dalam waktu lama"