Sebutkan macam-macam rumah adat di Pulau Jawa!

Sebutkan macam-macam rumah adat di Pulau Jawa!

Jawab:

Berikut adalah rumah adat yang ada di Pulau Jawa.

  1. Rumah Baduy, ini merupakan rumah adat tradisional dari Provinsi Banten. Rumah adat daerah seperti ini bisa ditemui di daerah kanekes (Kabupaten Lebak), ini merupakan daerah dimana Masyarakat Baduy tinggal.
  2. Rumah Kebaya, ini merupakan rumah adat tradisional dari daerah yang menjadi ibukota Indonesia yaitu Jakarta. Salah satu ciri khasnya adalah teras depan rumah yang luas yang bisa digunakan untuk berkumpul.
  3. Rumah Kasepuhan, ini merupakan rumah adat daerah dari Provinsi Jawa Barat. Rumah adat seperti ini jarang ditemukan di daerah perkotaan, kalau di pedesaan jumlah rumah tradisional ini masih banyak dijumpai.
  4. Rumah Joglo Jawa Tengah, rumah adat ini merupakan rumah adat yang paling terkenal ditelingan masyarakat. Rumah adat ini sering dinilai sebagai tingginya status sosial pemiliknya dikalangan masyarakat.
  5. Rumah Joglo Jogja, sebenarnya Joglo merupakan rumah adat dari daerah Jawa termasuk juga daerah Yogyakarta. Namun, tentunya rumah adat daerah di Jogja, Jawa Tengah, dan Jawa Timur tentu ada perbedaannya.
  6. Rumah Joglo Jawa Timur, sama halnya dengan Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah, Jawa Timur pun memiliki rumah adat yang disebut dengan Joglo. Rumah seperti ini banyak dijumpai di daerah Pulau Madura

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁 

0 Response to "Sebutkan macam-macam rumah adat di Pulau Jawa!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel