Sejarah pemerintahan negeri Cina ditandai dengan pemerintahan dinasti yang bergantian dan masing

Sejarah pemerintahan negeri Cina ditandai dengan pemerintahan dinasti yang bergantian dan masing-masing dinasti memiliki ciri tersendiri. Kemukakan dinasti-dinasti yang pernah berkuasa pada zaman Cina Kuno!

Jawab:

Berikut dinasti-dinasti yang pernah berkuasa pada zaman Cina Kuno.

  1. Dinasti Hsia. Merupakan dinasti tertua di Cina.
  2. Dinasti Shang. Merupakan dinasti yang mengawali pemerintahan Cina Kuno yang berbentuk kerajaan. Pendiri dinasti adalah Kaisar Chengtang.
  3. Dinasti Chou. Didirikan oleh tiga serangkai yaitu Raja Wu, Raja Wen, dan Pangeran Chou. Pada zaman dinasti ini muncul tokoh-tokoh filsafat ternama seperti Lao Tse, Kung Fu Tse, dan Meng Tse.
  4. Dinasti Chin. Didirikan oleh pangeran Shih Huang-Ti (kaisar pertama yang berhasil mempersatukan seluruh wilayah Cina Kuno).
  5. Dinasti Han. Didirikan oleh Liu-Bang setelah naik takhta bergelar Han Kao Tsu. Pusat pemerintahan dinasti Han di Chang-an dan mencapai masa kejayaan pada masa pemerintahan Kaisar Han Wu Ti.
  6. Dinasti T‘ang. Merupakan salah satu dinasti terpenting di Cina. Didirikan oleh Li Shih Minh, yang terkenal dengan nama Kaisar T‘ang Tai Tsung. Ibu kota dinasti T‘ang bernama Sian Fu.
  7. Dinasti Sung. Kaisar terbesar pada dinasti Sung adalah Sung Fen Tsung.
  8. Dinasti Mongol atau Yuan. Didirikan oleh Kubilai Khan yang berasal dari Mongolia. Oleh karena itu, dinasti ini dianggap sebagai pemerintahan asing. Ibu kota pemerintahan berada di Peking.
  9. Dinasti Ming. Merupakan pemerintahan nasional yang timbul sebagai reaksi atas pemerintahan asing Mongol. Pendiri dinasti Ming adalah Chu Yuan Cheng yang bergelar Ming Tai Tsu. Kaisar yang terkenal pada dinasti ini adalah Ming Cheng Tsu, yang lebih dikenal dengan nama Yung Lo.
  10. Dinasti Manchu. Merupakan dinasti terakhir di Cina dan merupakan dinasti asing karena berasal dan Manchuria (bangsa Manchuria berhasil meruntuhkan dinasti Ming). Dinasti Manchu mencapai masa kejayaan pada masa pemerintahan Kaisar K‘ang His dan Kaisar Ch‘ien Lung. Pada tahun 1911 terjadi Revolusi Cina di bawah pimpinan Sun Yat Sen yang berhasil menggulingkan kekuasaan Manchu, kemudian berdiri Republik Cina dengan presidennya Sun Yat Sen.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

0 Response to "Sejarah pemerintahan negeri Cina ditandai dengan pemerintahan dinasti yang bergantian dan masing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel