Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa saja yang menyebabkan terjadinya spesiasi simpatrik?

Apa saja yang menyebabkan terjadinya spesiasi simpatrik?

Jawab:

Hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya spesiasi simpatrik sebagai berikut.

  1. Isolasi tingkah laku, dapat mencegah terjadinya reproduksi, misalnya suatu anggota populasi aktif pada malam hari (nokturnal), sedangkan anggota lainnya aktif di siang hari (diurnal).
  2. Isolasi ekologis, dapat menyebabkan isolasi reproduksi yang kemudian diikuti dengan 2 spesiasi jika anggota-anggota populasi menempati nisia (relung) ataupun habitat yang berbeda.
  3. Isolasi musiman, merupakan isolasi yang disebabkan oleh perbedaan masa aktif reproduksi anggota-anggota populasi dalam satu tahun.
  4. Isolasi mekanis, terjadi pada hewan-hewan atau tumbuhan yang reproduksinya dihambat oleh letak atau struktur alat-alat kelamin (genitalia) yang tidak sesuai dengan pasangannya, meskipun mereka berasal dari satu spesies.
  5. Isolasi gamet, mengisolasi organisme-organisme yang matang secara reproduksi pada waktu yang sama, tetapi ketidak- sesuaian fisiologis gamet-gamet mencegah terbentuknya hibrid.
  6. Isolasi hibrid, terjadi ketika dua organisme yang berbeda melakukan perkawinan, tetapi zigot hibrid yang terbentuk gagal berkembang mencapai tingkat kematangan seksual.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Apa saja yang menyebabkan terjadinya spesiasi simpatrik?"