Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tuliskan langkah kerja dari pembuatan bel sederhana!

Tuliskan langkah kerja dari pembuatan bel sederhana!

Jawab:

Berikut adalah langkah kerja dari pembuatan bel sederhana.

  1. Ukurlah papan kayu yang akan digunakan sebagai rangka bel dengan memakai meteran dan kemudian potong kayu yang telah diukur tersebut dengan memakai gergaji.
  2. Gunakan palu dan paku untuk menggabungkan papan kayu yang telah dipotong sehingga menjadi rangka sesuai dengan model yang diinginkan dan atau direncanakan sebelumnya.
  3. Pasang kaleng bekas serta tempat baterai pada rangka dengan cara ditali atau dipaku.
  4. Guntinglah pelat bekas dengan ukuran 6 x 3 cm atau dengan ukuran yang sesuai dengan motor listrik yang dipakai.
  5. Pasang motor listrik pada rangka. Caranya yaitu dengan dijepit memakai pelat yang telah dipersiapkan sebelumnya dan kemudian paku pelat tersebut untuk mengencangkannya.
  6. Potonglah kawat secukupnya dengan menggunakan tang dan kemudian ikatkan kawat tersebut pada ujung motor listrik yang telah terpasang sebelumnya.
  7. Bengkokkan satu buah paku dengan memakai tang serta palu dan kemudian ikatkan pada kawat yang telah terpasang pada motor listrik dengan memakai tali karet. Paku yang diikat pada kawat tersebut nantinya akan berfungsi sebagai pemukul kaleng apabila motor telah dialiri arus listrik dan kemudian berputar.
  8. Pasanglah kabel untuk menghubungkan baterai dengan motor listrik dan kemudian pasangkan pula baterai pada tempatnya sehingga akhirnya bel listrik sederhana dengan memakai arus listrik DC pun dapat berfungsi.
  9. Sakelar diperlukan dan difungsikan sebagai alat yang digunakan untuk menghubungkan dan memutus arus listrik apabila bel tersebut dipasang dan dipakai di rumah dalam kehidupan sehari-hari.
----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Tuliskan langkah kerja dari pembuatan bel sederhana!"