Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Brasil tidak memiliki garis-garis perbatasan yang jelas dengan negara-negara tetangga yang berbatasan

Brasil tidak memiliki garis-garis perbatasan yang jelas dengan negara-negara tetangga yang berbatasan langsung dengan Brasil. Hal tersebut cukup menimbulkan masalah karena Brasil tidak bisa mengawasi secara jelas adanya imigrasi dan perpindahan penduduknya secara gelap ke wilayah-wilayah tetangga. Analisislah dampak dari permasalahan tersebut!

Jawab:

Ketidakjelasan garis-garis perbatasan tersebut cukup menimbulkan permasalahan. Terlebih ketika Brasil mulai menggelar latihan-latihan maupun kegiatan-kegiatan yang berbau militer. Hal-hal seperti ini menimbulkan kekhawatiran dan kecurigaan bagi negara-negara yang berbatasan dengan Brasil, seperti Venezuela dan Peru.

Venezuela menuduh Brasil akan menyerang negara-negara tetangganya apabila mereka menjadi komunis. Begitu juga dengan Peru yang menganggap latihan-latihan militer Brasil ini sebagai perang urat saraf karena Peru menerima senjata-senjata dari Uni Soviet.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Brasil tidak memiliki garis-garis perbatasan yang jelas dengan negara-negara tetangga yang berbatasan "