Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungi melakukan seluruh hal berikut

Fungi melakukan seluruh hal berikut, kecuali ....

    A.   berasosiasi dengan alga untuk membentuk lichen

    B.    berasosiasi dengan akar tanaman untuk membentuk mikoriza

    C.    berasosiasi dengan manusia untuk membentuk ringworm

    D.   melakukan fermentasi untuk menghasilkan alkohol

    E.    menguraikan sisa-sisa organisme yang telah mati untuk mendapatkan makanan

Pembahasan:

Fungi (jamur) melakukan seluruh hal berikut.

  1. Berasosiasi (melakukan interaksi) dengan alga untuk membentuk lichen. Lichen atau lichenes atau lumut kerak merupakan simbiosis antara jamur mikobion dan jenis alga mikobion. Mikobion biasanya berasal dari golongan Ascomycota dan Basidiomycota, sedangkan fikobion berasal dari alga hijau (Chlorophyta) dan alga hijau-biru (Cyanobacteria).
  2. Berasosiasi (melakukan interaksi) dengan akar tanaman untuk membentuk mycorrhiza. Mycorrhiza (mikoriza) merupakan jamur yang berbentuk payung. Ada dua macam mikoriza yaitu ektomikoriza dan endomikoriza.
  3. Fungi tidak berasosiasi dengan manusia membentuk ringworm. Karena ringworm (jamur) menempati lingkungan yang sangat beraneka ragam dan berasosiasi secara simbiotik dengan banyak organisme.
  4. Melakukan fermentasi untuk menghasilkan alkohol. Ada jenis jamur yang dapat melakukan fermentasi menghasilkan alkohol, misalnya Saccharomyces ellipsoideus dan Saccharomyces cerevisiae dapat memfermentasikan buah anggur menjadi minuman anggur (alkohol).
  5. Jamur menguraikan sisa-sisa organisme yang telah mati dan bahan tak hidup untuk mendapatkan makanan, seperti serasah, daun, pakaian, dan kertas. Cara ini disebut saprofit.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Fungi melakukan seluruh hal berikut"