Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan syarat iklim guna pertumbuhan tanaman jagung dengan baik

Jelaskan syarat iklim guna pertumbuhan tanaman jagung dengan baik!

Jawab:

Berikut syarat-syarat iklim guna pertumbuhan tanaman jagung dengan baik.

  1. Iklim yang dikehendaki oleh sebagian besar tanaman adalah daerah-daerah beriklim sedang hingga daerah beriklim subtropis/ tropis yang basah. Jagung dapat tumbuh di daerah yang terletak antara 0°–5°LU hingga 0°–40°LS.
  2. Pada lahan yang tidak beririgasi, pertumbuhan tanaman memerlukan curah hujan ideal sekitar 85–200 mm/bulan dan harus merata. Pada fase pembungaan dan pengisian biji tanaman jagung perlu mendapatkan cukup air. Sebaiknya jagung ditanam di awal musim hujan dan menjelang musim kemarau.
  3. Pertumbuhan tanaman jagung sangat membutuhkan sinar matahari. Tanaman jagung yang ternaungi, pertumbuhannya akan terhambat dan memberikan biji yang kurang baik bahkan tidak dapat membentuk buah.
  4. Suhu yang dikehendaki tanaman jagung antara 21°–34°C, tetapi bagi pertumbuhan tanaman yang ideal memerlukan suhu optimum antara 23°–27°C. Pada proses perkecambahan benih jagung memerlukan suhu yang cocok sekitar 30°C.
  5. Saat panen jagung yang jatuh pada musim kemarau akan lebih baik daripada musim hujan, karena berpengaruh terhadap waktu pemasakan biji dan pengeringan hasil.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Jelaskan syarat iklim guna pertumbuhan tanaman jagung dengan baik"