Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerajaan Kutai berdiri sekitar abad ke-4 M dengan wilayah yang cukup luas yaitu hampir seluruh wilayah

Kerajaan Kutai berdiri sekitar abad ke-4 M dengan wilayah yang cukup luas yaitu hampir seluruh wilayah Kalimantan Timur, bahkan pada masa kejayaannya Kerajaan Kutai hampir menguasai sebagian wilayah Kalimantan. Bagaimana kehidupan perekonomian di Kerajaan Kutai?

Jawab:

Perekonomian di Kerajaan Kutai sangat bergantung pada keberadaan Sungai Mahakam. Dari beberapa bukti yang ditemukan dapat diketahui bahwa perekonomian Kerajaan Kutai terletak pada sektor perdagangan, pertanian, dan peternakan. Hasil hutan yang terkenal di Kerajaan Kutai adalah getah kayu meranti, damar, gaharu, rotan, batu permata, dan bulu-bulu burung yang indah. Barang-barang tersebut diperdagangkan ke luar dengan melalui pelayaran di sepanjang Sungai Mahakam. Bukti adanya usaha peternakan yang dilakukan rakyat Kutai adalah adanya 20.000 ekor lembu yang dipersembahkan oleh Raja Mulawarman kepada para brahmana.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Kerajaan Kutai berdiri sekitar abad ke-4 M dengan wilayah yang cukup luas yaitu hampir seluruh wilayah"