Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem pemerintahan Prancis setelah Revolusi Prancis sempat mengalami perubahan. Terangkan perubahan

Sistem pemerintahan Prancis setelah Revolusi Prancis sempat mengalami perubahan. Terangkan perubahan tersebut!

Jawab:

Berikut perubahan sistem pemerintahan Prancis setelah Revolusi Prancis.

  1. Pemerintahan monarki konstitusional (1789–1793). Pada tanggal 14 Juli 1789 pemerintah Prancis membentuk Pasukan Keamanan Nasional (dipimpin Jenderal Lafayette) dan Majelis Konstituante. Tugas Majelis Konstituante adalah menghapus hak-hak istimewa raja, bangsawan, dan pimpinan gereja. Sistem pemerintahan Prancis pada masa ini berbentuk monarki konstitusional.
  2. Pemerintahan konvensi nasional (1793–1794). Masa ini berlangsung pada masa kepemimpinan Roberpierre. Di bawah kepemimpinan Roberpierre setiap orang yang menentang pemerintah dianggap sebagai musuh Prancis. Oleh karena itulah, masa ini disebut dengan pemerintahan teror.
  3. Pemerintahan direktori atau direktorat (1795–1799). Pada masa ini, pemerintahan Prancis dipimpin oleh lima warga negara terbaik yang disebut direktur. Setiap direktur memiliki tugas mengatur masalah ekonomi, politik, sosial, pertahanan keamanan, dan keagamaan. Anggota direktori dipilih oleh parlemen.
  4. Pemerintahan konsulat (1799–1804). Pemerintahan ini di bawah pimpinan Napoleon Bonaparte. Di bawah Napoleon Bonaparte, Prancis mencapai puncak kejayaan di berbagai bidang baik militer, sosial, politik, ekonomi, maupun budaya.
  5. Pemerintahan kaisar (1804–1815). Berdasarkan voting dalam sidang legislatif, pada tahun 1803 Napoleon Bonaparte terpilih sebagai kaisar Prancis. Napoleon berambisi menguasai wilayah Eropa. Namun, ambisi tersebut mendapat perlawanan dari negara-negara koalisi yang dipimpin Inggris. Pada tahun 1814 pasukan Napoleon mengalami kekalahan dan Napoleon ditangkap serta dibuang ke Pulau Elba.
  6. Pemerintahan reaksioner (1815–1848). Napoleon berhasil melarikan diri dari Pulau Elba pada tahun 1815. Selanjutnya Napoleon menyusun kekuatan untuk melawan negara-negara koalisi, tetapi mengalami kegagalan. Napoleon ditangkap dan dibuang ke St. Helena (pulau di Samudra

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Sistem pemerintahan Prancis setelah Revolusi Prancis sempat mengalami perubahan. Terangkan perubahan"