Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terangkan akibat Revolusi Industri di bidang sosial

Terangkan akibat Revolusi Industri di bidang sosial!

Jawab:

Berikut akibat Revolusi Industri di bidang sosial.

  1. Berkembangnya urbanisasi, menjanjikan kehidupan yang lebih layak. Banyak petani desa pergi ke kota untuk mendapatkan pekerjaan sehingga kegiatan pertanian terabaikan.
  2. Upah buruh rendah, semakin meningkatnya arus urbanisasi ke kota-kota menyebabkan jumlah tenaga semakin banyak, padahal pabrik-pabrik banyak menggunakan tenaga mesin. Hal itu mengakibatkan upah tenaga kerja menjadi murah.
  3. Munculnya golongan pengusaha dan golongan buruh, dalam kegiatan industrialisasi ada kelompok pekerja (buruh) dan kelompok pengusaha (majikan). Oleh karena itu, di masyarakat timbul golongan baru yaitu golongan pengusaha (kaum kapitalis) yang hidup penuh kemewahan dan golongan buruh yang hidup dalam kemiskinan.
  4. Adanya kesenjangan antara majikan dan buruh, golongan pengusaha hidup dalam kemewahan. Adapun golongan buruh hidup menderita sehingga terjadi kesenjangan hidup yang sangat jauh antara majikan dan buruh. Situasi ini sering menimbulkan ke- tegangan-ketegangan yang diikuti dengan pemogokan kerja untuk menuntut perbaikan nasib.
  5. Munculnya revolusi sosial, terjadinya revolusi sosial di Inggris karena beberapa faktor pendukung. Berikut faktor pendukung tersebut.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Terangkan akibat Revolusi Industri di bidang sosial"