Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terangkan faktor-faktor utama penyebab terjadinya Perang Dingin

Terangkan faktor-faktor utama penyebab terjadinya Perang Dingin!

Jawab:

Berikut faktor-faktor utama penyebab terjadinya Perang Dingin.

a. Penyebaran Ideologi

Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai pemenang Perang Dunia II memiliki paham/ ideologi yang berbeda. Amerika Serikat memiliki ideologi liberal-kapitalis, sedangkan Uni Soviet berideologi sosialis-komunis. Paham liberal-kapitalis (Amerika Serikat) yang mengagungkan kebebasan individu yang memungkinkan kapitalisme subur bertentangan dengan paham sosialis-komunis (Uni Soviet) yang berkeyakinan bahwa paham itu dapat lebih mempercepat kesejahteraan buruh ataupun rakyatnya karena negara-negara yang mengendalikan perusahaan akan memanfaatkan keuntungannya untuk rakyat.

b. Keinginan untuk Berkuasa

Amerika Serikat dan Uni Soviet mempunyai keinginan untuk menjadi penguasa di dunia dengan cara-cara yang baru. Amerika Serikat sebagai negara kreditur besar membantu negara-negara yang sedang berkembang berupa pinjaman modal untuk pembangunan dengan harapan bahwa rakyat yang makmur hidupnya dapat menjadi tempat pemasaran hasil industrinya dan dapat menjauhkan pengaruh sosialis-komunis. Masyarakat miskin merupakan lahan subur bagi paham sosialis-komunis. Uni Soviet yang mulai kuat ekonominya juga tidak mau kalah membantu perjuangan nasional berupa bantuan senjata atau tenaga ahli. Hal ini dilakukan untuk memengaruhi negara- negara tersebut.

c. Berdirinya Pakta Pertahanan

Guna mengatasi berbagai perbedaan yang ada dan kepentingan untuk dapat berkuasa, negara-negara Eropa Barat dan Amerika Serikat mendirikan pakta perahanan yang dikenal dengan nama NATO (North Atlantic Treaty Organization) atau Organisasi Pertahanan Atlantik Utara. Sementara untuk mengimbangi kekuatan NATO pada tahun 1955 Uni Soviet mendirikan pakta pertahanan yaitu Pakta Warsawa. Anggota Pakta Warsawa yaitu Uni Soviet, Albania, Bulgaria, Cekoslowakia, Jerman Timur, Hungaria, Polandia, dan Rumania. Berdirinya kedua pakta tersebut menyebabkan muncul rasa saling curiga, ketidakpercayaan, dan kesalahan pemahaman antara kedua blok, baik Blok Barat maupun Blok Timur. Amerika dituduh menjalankan politik imperialis untuk memengaruhi dunia, sementara Uni Soviet dianggap melakukan perluasan hegemoni atas negara-negara demokrasi melalui ideologi komunisme.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Terangkan faktor-faktor utama penyebab terjadinya Perang Dingin"