Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terangkan masalah-masalah yang dihadapi oleh negara Bolivia setelah merdeka!

Negara Bolivia adalah salah satu negara yang ada di kawasan Amerika Latin yang kaya akan. sumber daya alamnya, tetapi hal ini tidak dapat dimbangi dengan sumber daya manusianya. Terangkan masalah-masalah yang dihadapi oleh negara Bolivia setelah merdeka!

Jawab:

Berikut masalah-masalah yang dihadapi oleh negara Bolivia setelah merdeka.

a. Dalam bidang politik terjadinya konflik antara negara Bolivia dan negara Brasil mengenai wilayah perbatasan serta batas-batas wilayah teritorial antara kedua negara.

  1. Dampaknya: munculnya konflik antarnegara Bolivia dan negara Brasil yang disebabkan oleh masalah batas-batas wilayah teritorial serta mengenai wilayah perbatasan antara negara Bolivia dan negara Brasil.
  2. Penyelesaiannya: untuk mengatasi konflik ini kedua pihak yang bersangkutan baik itu negara Bolivia maupun negara Brasil melakukan suatu perundingan (diplomasi), yang pada akhirnya menghasilkan suatu perjanjian yaitu Perjanjian Petropolis pada bulan November 1903.
b. Adanya konflik antara negara Bolivia dan negara Paraguay mengenai wilayah perbatasan serta batas-batas wilayah teritorial antara kedua negara.

  1. Dampaknya: munculnya Perang Chaco pada tahun 1932–1935 antara negara Bolivia dan negara Paraguay, karena masalah wilayah perbatasan itu sendiri.
  2. Penyelesaiannya: untuk mengatasi konflik ini kedua pihak yang bersengketa, baik negara Bolivia maupun negara Paraguay melakukan suatu perundingan (diplomasi), yang pada akhirnya menghasilkan suatu perjanjian yaitu perjanjian perdamaian dan persahabatan pada tanggal 9 Juli 1938 yang diadakan di Buenos Aires.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Terangkan masalah-masalah yang dihadapi oleh negara Bolivia setelah merdeka!"