Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebagai negara yang besar dan beragam, Indonesia tidak terhindar dari berbagai permasalahan.

Sebagai negara yang besar dan beragam, Indonesia tidak terhindar dari berbagai permasalahan. Pemerintah tidak sanggup mengatasi semua masalah di semua wilayah Indonesia. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah menerapkan otonomi daerah. Dengan adanya otonomi daerah, maka daerah mempunyai wewenang untuk mengatur daerahnya sendiri. Identifikasikan asas-asas yang digunakan dalam otonomi daerah!

Jawab:

Asas-asas yang digunakan dalam otonomi daerah adalah sebagai berikut.

  1. Desentralisasi, penyelenggaraan pemerintahan yang dilakukan dengan pelimpahan beberapa urusan pemerintahan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah sehingga daerah dapat mengurus rumah tangganya sendiri. Adanya pelimpahan urusan di daerah bertujuan agar masyarakat ikut serta dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah.
  2. Dekonsentrasi, pelimpahan wewenang dari pemerintah pusat kepada daerah otonom sebagai wakil pemerintah dan/atau perangkat pusat di daerah dalam kerangka negara kesatuan, dan lembaga yang melimpahkan kewenangan dapat memberikan perintah kepada pejabat yang telah dilimpahi kewenangan itu mengenai pengambilan atau pembuatan keputusan.
  3. Tugas pembantuan (medebewind), tugas pembantuan pada dasarnya merupakan penugasan dari pemerintah pusat kepada daerah dan/atau desa, dari pemerintah provinsi kepada kabupaten/kota dan/atau desa, serta dari pemerintah kabupaten/kota kepada desa untuk melaksanakan tugas tertentu.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Sebagai negara yang besar dan beragam, Indonesia tidak terhindar dari berbagai permasalahan. "