Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bacalah teks berikut! Jumlah populasi di dunia semakin meningkat dengan tajam

Bacalah teks berikut!

Jumlah populasi di dunia semakin meningkat dengan tajam. Hal tersebut berdampak pada semakin berkurangnya luas hutan akibat pembuatan tempat tinggal. Alhasil saat ini bumi menjadi lebih panas dan kandungan CO2 di udara makin meningkat dengan drastis.

Peningkatan kadar CO2 sangat tidak baik bagi bumi, karena dapat menyebabkan pemanasan global dan mencairnya es di kutub. Semua orang sebetulnya dapat membantu untuk mengurangi dampak ini dengan menanam paling tidak 5 tanaman untuk setiap orang.

Pasti akan ada pertanyaan,”bagaimana kalau tidak memiliki lahan?”. Jawabannya adalah menanam dengan menggunakan pot. Tanaman yang Anda tanam bisa saja berupa sayur-sayuran. Jadi Anda mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam sekali tanam.

Selain dari tanaman sayur, Anda juga bisa menanam kaktus. Tanaman yang satu ini dapat dijadikan dekorasi rumah juga dalam ukuran yang kecil. Bahkan Anda juga dapat menghias kaktus tersebut dengan berbagai macam action figure yang dapat membuat anak-anak juga tertarik untuk menanam.

Tularkan kebiasaan baik ini kepada teman-teman Anda, sehingga banyak dari mereka yang juga ingin mengajarkan kepada anaknya untuk senang menanam. Semakin banyak orang yang bergabung untuk menerapkan kebiasaan ini, maka hasilnya akan semakin baik dalam mengurangi pemanasan global di bumi.

Setelah membaca paragraf tersebut, tuliskan simpulan isi dari teks tersebut! Tuliskan pada buku tugas kalian kemudian kumpulkan pada guru kalian untuk mendapatkan penilaian!

Jawab:

  1. Persuasif politik, pendidikan, advertensi, propaganda
  2. Persuasif politik dipakai dalam bidang politik
  3. Persuasif pendidikan dipakai oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang pendidikan
  4. Persuasif iklan dimanfaatkan terutama dalam dunia usaha
  5. Agar pembaca atau pendengar menuruti isi ajakan kampanye tersebut

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Bacalah teks berikut! Jumlah populasi di dunia semakin meningkat dengan tajam"