Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana langkah-langkah dalam menulis kritik tari

Bagaimana langkah-langkah dalam menulis kritik tari?

Jawab:

Langkah-langkah menulis kritik tari yaitu sebagai berikut.

  1. Deskripsi dalam kritik tari adalah suatu penggambaran dengan kata-kata semua yang tersaji dalam karya tari yang ditampilkan. Penjelasan dasarnya tentang hal-hal yang tampak secara visual yang dapat membangun daya khayal/imajinasi bagi penikmat tari.
  2. Analisis formal merupakan tahapan berikutnya setelah deskripsi. Analisis formal menjelaskan objek yang dikritik dengan dukungan beberapa data yang tampak secara visual. Langkah analisis formal dilakukan dengan cara menganalisis secara visual kualitas unsur-unsurnya, dan menganalisis bagian demi bagian. Pada tahap ini menganalisis mengenai bentuk atau unsur-unsur tari, seperti gerak, pola lantai, iringan tari, dan lain-lain.
  3. Interpretasi adalah menafsirkan hal-hal yang terdapat di balik suatu karya tari, menafsirkan makna, pesan, atau nilai yang dikandungnya. Penafsiran dapat mengungkap hal-hal yang berkaitan dengan pernyataan di balik struktur/bentuk: psikologis, latar belakang sosial budaya, gagasan, abstraksi, kepercayaan, dan pengalaman senimannya.
  4. Penilaian dalam kritik tari berdasarkan deskripsi, analisis formal, dan interpretasi suatu karya tari dengan data-data visual maupun penjelasan-penjelasan tambahan dari seniman. Dalam kritik seni, ukuran penilaian dapat dilakukan secara general atau nongeneral.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Bagaimana langkah-langkah dalam menulis kritik tari"