Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peristiwa tahkim yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan, justru berakhir mengecewakan dan

Peristiwa tahkim yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan, justru berakhir mengecewakan dan memunculkan kelompok baru di luar pendukung Ali bin Abi Thalib  dan Muawiyah yaitu Khawarij. Bahkan persolannya menjadi berkembang yang semula masalah politik, namun pada akhirnya ke masalah akidah atau teologi.

Dari sinilah akhirnya muncul berbagai firqah/aliran dalam Islam atau aliran-aliran dalam ilmu Kalam. Dari masing-masing aliran tersebut memunculkan doktrin atau ajaran tersendiri.

Ada golongan yang berpendapat  kafir kepada Muawiyah bin Abi Susyan dan pendukungnya, karena telah merebut kuasaan yang sah yaitu Ali bin Abi Thalib, begitu juga mengkafirkan Ali bin Abi Thalib dan pendukungnya karena menerima tahkim dalam perang Siffin. Aliran yang dimaksud adalah ….

    A.  Syi’ah

    B.   Khawarij

    C.   Murji’ah

    D.  Muktazilah

    E.   Asy’ariyah

Pembahasan:

Golongan Khawarij berpendapat  kafir kepada Muawiyah bin Abi Susyan dan pendukungnya, karena telah merebut kuasaan yang sah yaitu Ali bin Abi Thalib, begitu juga mengkafirkan Ali bin Abi Thalib dan pendukungnya karena menerima tahkim dalam perang Siffin.

Jawaban: B

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁 

Post a Comment for "Peristiwa tahkim yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan, justru berakhir mengecewakan dan"