Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan gambar di samping! Anda pasti sudah tahu dan mengenal perhiasan berlian, bukan?

Perhatikan gambar di samping!

Anda pasti sudah tahu dan mengenal perhiasan berlian, bukan? Benda ini selalu berkilau dan tampak indah, bahkan sering dijadikan sebagai perhiasan yang paling mewah di dunia. Bagaimana berlian dapat berkilauan? Jelaskan jawaban Anda menggunakan konsep cahaya tentang pemantulan dan pembiasan!

Jawab:

Berlian selalu berkilau dan tampak indah, bahkan sering dijadikan sebagai perhiasan yang paling mewah di dunia. Berlian dapat berkilau indah disebabkan oleh tiga hal, yaitu pantulan, pembiasan, dan penyebaran cahaya.

Penyebab pertama adalah saat cahaya menabrak berlian dan memantulkannya kembali sehingga berlian tampak berkilau seketika. Inilah yang dinamakan proses pantulan cahaya.

Selanjutnya yang terjadi adalah proses pembiasan, yaitu saat cahaya melewati berlian dan tersebar ke seluruh bagiannya, menciptakan kilauan yang indah. Lalu yang ketiga adalah proses penyebaran cahaya atau terciptanya efek pelangi. Ini terjadi saat cahaya masuk dari bagian atas, kemudian cahaya tersebut miring masuk ke bagian dalam berlian, lalu diarahkan kembali ke bagian hingga keluar melalui permukaan berlian.

Proses pembiasan dan penyebaran cahaya ini menciptakan efek berkilauan, yaitu efek cahaya gelap dan terang bergantian secara alami .

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Perhatikan gambar di samping! Anda pasti sudah tahu dan mengenal perhiasan berlian, bukan? "