Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terangkan kebijakan Jepang di bidang pendidikan!

Terangkan kebijakan Jepang di bidang pendidikan!

Jawab:

Kebijakan Jepang di bidang pendidikan adalah Jepang menghilangkan diskriminasi di bidang pendidikan. Pendidikan pada masa Belanda hanya dapat dirasakan oleh kalangan menengah atas.

Sistem pendidikan yang diterapkan Belanda tersebut dihilangkan oleh pemerintah Jepang sehingga seluruh lapisan masyarakat berhak mendapatkan pendidikan. Jepang menerapkan jenjang pendidikan formal di Indonesia seperti sistem pendidikan di Jepang, yaitu jenjang SD 6 tahun, jenjang SMP 3 tahun, dan SMA 3 tahun.

Seperti zaman penjajahan Belanda, jenjang pendidikan universitas tidak diselenggarakan Jepang, yang ada hanya sekolah tinggi kedokteran (Ika Dai Gakko) di Jakarta dan sekolah tinggi teknik (Kagyo Dai Gakko) di Bandung. Kedua sekolah tinggi tersebut merupakan kelanjutan pada zaman Belanda. Untuk menyiapkan kader pamong praja diselenggarakan sekolah tinggi pamong praja (Kenkoku Gokuin) di Jakarta. Kebijakan pemerintah pendudukan Jepang di bidang pendidikan yang lain adalah penerapan sistem pendidikan militer sehingga sistem pengajaran dan kurikulum sekolah disesuaikan untuk kepentingan perang.

Siswa memiliki kewajiban mengikuti latihan dasar kemiliteran, seperti baris-berbaris dan menghafal lagu kebangsaan Jepang. Untuk para guru diwajibkan menggunakan bahasa Jepang dan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di sekolah menggantikan bahasa Belanda.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Terangkan kebijakan Jepang di bidang pendidikan!"