Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tulislah nama organ-organ tempat terjadinya pencernaan mekanis dan kimiawi pada manusia! Jelaskan

Tulislah nama organ-organ tempat terjadinya pencernaan mekanis dan kimiawi pada manusia! Jelaskan proses pencemaan pada organ-organ tersebut!

Jawab:

Organ-organ tempat terjadinya pencernaan mekanis dan kimiawi yaitu:

1. Mulut terjadi pencernaan makanan secara mekanis oleh gigi dan kimiawi oleh ludah yang dihasilkan kelenjar parotis, submandibularis, dan sublingualis yang mengandung enzim amilase (ptialin).

2. Lambung terjadi pencernaan mekanis dengan bantuan gerakan otot-otot lambung yaitu otot polos yang berkontraksi dan relaksasi sehingga menimbulkan gerakan meremas-remas makanan. Dinding lambung mengandung sel-sel kelenjar yang berfungsi sebagai kelenjar pencernaan yang menghasilkan getah lambung. Getah lambung mengandung air lendir (musin), asam lambung, enzim renin, dan enzim pepsinogen. Getah lambung bersifat asam karena banyak mengandung asam lambung. Asam lambung berfungsi membunuh kuman penyakit atau bakteri yang masuk bersama makanan dan juga berfungsi mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. Pepsin berfungsi memecah protein menjadi pepton dan protease. Enzim renin berfungsi menggumpalkan protein susu (kasein) yang terdapat dalam susu. Adanya enzim renin dan enzim pepsin menunjukkan bahwa di dalam lambung terjadi proses pencernaan kimiawi.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Tulislah nama organ-organ tempat terjadinya pencernaan mekanis dan kimiawi pada manusia! Jelaskan"