Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manusia purba (prehistoric people) adalah jenis manusia yang hidup jauh sebelum tulisan ditemukan

Manusia purba (prehistoric people) adalah jenis manusia yang hidup jauh sebelum tulisan ditemukan. Kemukakan dua karakter khas hunian manusia purba!

Jawab:

Ada dua karakter khas hunian manusia purba, yaitu kedekatan dengan sumber air dan adanya kehidupan di alam terbuka. Pola hunian manusia purba dapat dilihat dari letak geografis situs-situs serta kondisi lingkungannya. Situs-situs purba yang ada di sepanjang Bengawan Solo (Sangiran, Sambungmacan, Trinil, Ngawi, dan Ngandong) adalah contoh dari adanya kecenderungan manusia purba menghuni lingkungan di pinggir sungai.

Air diperlukan tumbuhan dan binatang. Keadaan air di suatu lingkungan mengundang hadirnya binatang untuk hidup di sekitarnya. Keberadaan air dimanfaatkan manusia sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan hidup. Adapun petunjuk yang dapat memberikan gambaran mengenai kehidupan manusia purba adalah adanya sebaran sisa-sisa peralatan yang digunakan menusia purba pada waktu itu yang umumnya berada di dasar atau di sekitar sungai.

Kehidupan di sekitar sungai menunjukkan pola hidup manusia purba di alam terbuka. Manusia purba mempunyai kecenderungan untuk menghuni lingkungan terbuka di sekitar aliran sungai. Manusia purba tersebut juga memanfaatkan berbagai sumber daya lingkungan yang tersedia, salah satunya tinggal di gua-gua. 

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Manusia purba (prehistoric people) adalah jenis manusia yang hidup jauh sebelum tulisan ditemukan"