Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membangun sebuah jaringan dibutuhkan komponen khusus. Sebutkan dan berilah penjelasan tentang

Membangun sebuah jaringan dibutuhkan komponen khusus. Sebutkan dan berilah penjelasan tentang komponen penyusun jaringan!

Jawab:

Berikut komponen penyusun jaringan.

a. Hub umumnya digunakan dalam jaringan ethernet. Jaringan yang menggunakan hub sering digambarkan memiliki topologi star, di mana hub sebagai pusat pengkabelan jaringan.

b. Router merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga data dapat dikirim dari satu jaringan ke jaringan yang lain.

c. Switch merupakan perangkat jaringan yang memiliki fungsi hampir sama dengan hub, tetapi perangkat ini lebih unggul dari hub karena dapat mengatasi masalah collision data.

d. Bridge memiliki fungsi untuk memperluas suatu jaringan sekaligus membuat sebuah segmen jaringan. Bridge bekerja dengan cara mengenali alamat MAC yang mentransmisi sebuah data ke jaringan, kemudian bridge akan membuat tabel internal secara otomatis, di mana tabel ini dapat menentukan segmen mana yang akan di-routing ataupun yang akan difilter.

e. Kabel jaringan merupakan media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih untuk saling bertukar data. Terdapat beberapa jenis kabel, yaitu UTP, STP, koaksial, atapun fiber optik.

f. Access point terdiri dari antena dan transceiver yang digunakan untuk transmisi dan menerima sinyal dari client atau sebaliknya. 

g. NIC merupakan kartu jaringan yang berfungsi sebagai transceiver, yaitu gabungan antara pemancar dan penerima. 

h. Repeater merupakan perangkat jaringan yang memiliki fungsi memperluas jangkauan sinyal WiFi dari server agar perangkat lain bisa terhubung. 

Modem merupakan perangkat jaringan yang memiliki fungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. 

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Membangun sebuah jaringan dibutuhkan komponen khusus. Sebutkan dan berilah penjelasan tentang"