Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pada dasarnya, jenis keamanan dapat diklasifikasikan menjadi lima macam. Sebutkan dan beri penjelasannya

Pada dasarnya, jenis keamanan dapat diklasifikasikan menjadi lima macam. Sebutkan dan beri penjelasannya!

Jawab:

a.     Keamanan fisik, keamanan fisik lebih ditekankan pada hardware. Hal ini digunakan untuk melindungi hardware tetap dalam kondisi baik untuk melakukan operasi pada jaringan. 

b.     Keamanan jaringan. Keamanan jenis ini lebih bertipe ke abstrak. Jadi, keamanan ini dilakukan oleh benda yang tidak tampak, baik itu menggunakan software atau perintah lainnya. Contoh pengamanan jaringan adalah menggunakan firewall ataupun proxy yang digunakan untuk memfilter user yang akan menggunakan jaringan.

c.     Otorisasi akses. Otorisasi akses adalah penggunaan password atau kata sandi jika kita ingin mengakses sesuatu di jaringan. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan hanya user tertentu saja yang diperbolehkan untuk mengakses jaringan.

d.     Proteksi virus. Virus merupakan sebuah metode penyerangan sistem komputer menggunakan sebuah program yang dapat membuat sistem kacau dan mengalami kerusakan. Virus sendiri bisa diatasi dengan menginstall antivirus pada komputer dan selalu update databasenya yang terbaru.

e.     Penanganan bencana. Penanganan bencana adalah perencanaan langkah-langkah yang akan diambil jika terjadi bencana yang mengakibatkan rusaknya sebuah sistem dan hilangnya data-data penting. Hal ini dimaksudkan agar kerusakan pada sistem lebih cepat teratasi.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Pada dasarnya, jenis keamanan dapat diklasifikasikan menjadi lima macam. Sebutkan dan beri penjelasannya"