Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dua tokoh besar dalam ekonomi, yaitu Adam Smith dan J.M. Keynes mengungkapkan teorinya

Ilmu ekonomi dianggap sebagai suatu disiplin ilmu baru mulai tahun 1776, yaitu sejak ditulis dan diterbitkannya buku yang terkenal yang berjudul The Wealth of Nations karya Adam Smith. Sejak saat itu ekonomi sebagai ilmu mengalami perkembangan yang begitu pesat dari waktu ke waktu. Tahun tersebut sering dianggap sebagai tahun kelahiran ilmu ekonomi dan Adam Smith sebagai Bapak Ekonomi.

Ilmu ekonomi terus berkembang. Gagasan Adam Smith tersebut menjadi dasar bagi ahli ekonomi lainnya, yaitu Thomas Malthus, David Ricardo, dan John Stuart Mill. Ahli ekonomi yang disebut belakangan ini dikelompokkan sebagai ahli ekonomi klasik. Tradisi klasik ini seterusnya dikembangkan oleh mazhab Austria dan diteruskan oleh Leon Walras, Alfred Marshall, dan lain-lain pada tahun 1890-an. Tradisi klasik ini melahirkan perkembangan bagian teori ekonomi yang dikenal sebagai teori ekonomi mikro.

Depresi ekonomi yang terjadi pada tahun 1930-an melahirkan ahli ekonomi baru. Karya terbesar lainnya dalam bidang ekonomi dicapai pada tahun 1936 ketika sebuah buku yang berjudul The General Theory of Employment, Interest, and Money diterbitkan oleh seorang ekonom besar John Maynard Keynes. Buku ini berhasil meyakinkan para ahli ekonomi ataupun para pengambil keputusan dalam mengatasi krisis-krisis ekonomi yang dialami pada saat itu. Kedua karya besar dalam dunia ilmu pengetahuan khususnya ilmu ekonomi terus berkembang sampai sekarang tidak hanya di negara maju, tetapi di negara-negara berkembang pula.

Dikutip dengan pengubahan : "Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Ekonomi",

http://repository.ut.ac.id/4094/1/PSOS4104-M1.pdf, diakses 9 April 2022 Search

Dua tokoh besar dalam ekonomi, yaitu Adam Smith dan J.M. Keynes mengungkapkan teorinya masing-masing, yang sampai saat ini masih digunakan sebagai dasar dalam ilmu ekonomi. Berdasarkan teks tersebut, tentukan benar atau salah dari pernyataan- pernyataan berikut!

    A.   Adam Smith disebut sebagai Bapak Ekonomi karena bukunya yang berjudul The Wealth of Nations.

    B.    Thomas Malthus, David Ricardo, dan John Stuart Mill merupakan tokoh ahli ekonomi modern.

    C.    The General Theory of Employment, Interest, and Money merupakan buku panduan untuk mengatasi krisis ekonomi pada tahun 1930-an.

    D.   Teori Adam Smith tidak dapat mengatasi depresi ekonomi pada tahun 1930-an.

    E.    Teori ekonomi klasik merupakan bagian dari teori ekonomi makro.

Pembahasan:

A.   Adam Smith disebut sebagai Bapak Ekonomi karena bukunya yang berjudul The Wealth of Nations. (Benar)

B.    Thomas Malthus, David Ricardo, dan John Stuart Mill merupakan tokoh ahli ekonomi modern. (Salah)

C.    The General Theory of Employment, Interest, and Money merupakan buku panduan untuk mengatasi krisis ekonomi pada tahun 1930-an. (Benar)

D.   Teori Adam Smith tidak dapat mengatasi depresi ekonomi pada tahun 1930-an. (Benar)

E.    Teori ekonomi klasik merupakan bagian dari teori ekonomi makro.(Salah)

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Dua tokoh besar dalam ekonomi, yaitu Adam Smith dan J.M. Keynes mengungkapkan teorinya"