Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan tanda-tanda terjadinya fenomena globalisasi yang sedang dihadapi oleh umat manusia sejak abad ke-20

Jelaskan tanda-tanda terjadinya fenomena globalisasi yang sedang dihadapi oleh umat manusia sejak abad ke-20!

Jawab:

a. Arus teknologi, ditandai dengan mobilitas teknologi, munculnya multinational corporation dan transnational corporation yang kegiatannya dapat menembus batas-batas negara.

b. Arus media, yang ditandai dengan makin kuatnya mobilitas informasi, baik melalui media cetak maupun elektronik. Berbagai peristiwa di belahan dunia seakan-akan berada di hadapan kita karena cepatnya informasi.

c. Arus etnis, ditandai dengan mobilitas manusia yang tinggi dalam bentuk imigran, turis, pengungsi, tenaga kerja, dan pendatang. Arus manusia ini telah melewati batas-batas teritorial negara.

d. Arus ide, yang ditandai dengan makin derasnya nilai baru yang masuk ke suatu negara. Dalam arus ide ini muncul isu-isu yang telah menjadi bagian dari masyarakat internasional.

e. Arus keuangan, yang ditandai dengan makin tingginya mobilitas modal, investasi, pembelian melalui internet, dan penyimpanan uang di bank asing.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat

Jangan lupa komentar & sarannya

Email: nanangnurulhidayat@gmail.com

Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Jelaskan tanda-tanda terjadinya fenomena globalisasi yang sedang dihadapi oleh umat manusia sejak abad ke-20"