Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketika sebuah apel yang sudah matang lepas dari pohonnya dan lantas jatuh ke bawah, barangkali bagi

Ketika sebuah apel yang sudah matang lepas dari pohonnya dan lantas jatuh ke bawah, barangkali bagi kita itu sebuah kejadian keseharian yang tidak perlu dipertanyakan. Tetapi ternyata bermakna lain bagi Isaac Newton. Peristiwa yang sederhana itu menjadi inspirasi baginya untuk menemukan sebuah penemuan besar, kelak mengubah cara pandang kita tentang alam.

Dari kisah jatuhnya buah apel, Newton berhasil menemukan teori bumi yang kita pijak ini memiliki daya tarik yang besar sekali sehingga semua benda di dunia selalu berpijak ke tanah. Teori itu lantas kondang dengan sebutan teori gravitasi. Berkat teori inilah bertahun-tahun kemudian antara lain orang bisa menemukan caranya terbang menggunakan pesawat.

Dahulu orang beranggapan warna putih merupakan warna tunggal atau warna murni. Tetapi, lewat serangkaian percobaan saksama, Newton menemukan sekaligus membuktikan, warna putih merupakan campuran dari tujuh warna berbeda yang sama dengan warna-warna pelangi, yaitu merah-jingga-kuning hijau-biru-nila-ungu (mejikuhibiniu). Teori ini kemudian terkenal dengan istilah pembiasan cahaya. Setelah penelitian di bidang cahaya, Newton kemudian mendalami bidang mekanika. Lagi-lagi teorinya di kemudian hari menjadi tonggak penting ilmu fisika. Mekanika merupakan bidang kajian yang berhubungan dengan bergeraknya suatu benda. Seputar hal ini, Newton menemukan beberapa teori sekaligus. Pertama, teori suatu benda yang bergerak karena pengaruh kekuatan luar. Kedua, yang paling terkenal, teori yang menyatakan setiap benda melakukan aksi gerak pasti ada gerak tandingannya (reaksi) dengan besar yang sama tetapi arahnya bertentangan. Ketiga, teori gaya berat atau gravitasi.

Sumber : http://www.fisikanet.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1111718408, diakses 25 April 2022 

1.     Berdasarkan informasi di atas, pada paragraf pertama terdapat salah satu hakikat fisika sebagai sikap yakni sikap ….

      A.   terbuka

      B.    kerja sama

      C.    rasa ingin tahu

      D.   percaya diri

      E.    jujur

Pembahasan:

Berdasarkan informasi di atas, pada paragraf pertama terdapat salah satu hakikat fisika sebagai sikap yakni sikap rasa ingin tahu.

Jawaban : C

2.     Berdasarkan paragraf ketiga wacana di atas, terdapat informasi mengenai hakikat fisika yaitu fisika sebagai …. (Jawaban lebih dari satu)

     A.   produk

     B.    proses

     C.    sikap

     D.   teori

     E.    ilmu

Pembahasan:

Berdasarkan paragraf ketiga wacana di atas, terdapat informasi mengenai hakikat fisika yaitu fisika sebagai produk dan proses.

Jawaban : A dan B

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁


Post a Comment for "Ketika sebuah apel yang sudah matang lepas dari pohonnya dan lantas jatuh ke bawah, barangkali bagi"