Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masyarakat harus selalu siap menghadapi perubahan sosial dan tantangan globalisasi. Jelaskan contoh

Masyarakat harus selalu siap menghadapi perubahan sosial dan tantangan globalisasi. Jelaskan contoh penyesuaian yang seharusnya dilakukan oleh masyarakat agar proses perubahan sosial dapat diterima secara baik!

Jawab:

Penyesuaian akibat perubahan sosial dapat dilakukan oleh individu dan lembaga kemasyarakatan. Penyesuaian yang dilakukan oleh individu merupakan reaksi yang muncul akibat adanya perubahan sosial. 

Penyesuaian harus dilakukan oleh individu agar tidak terjadi gegar budaya (cultural shock). Gegar budaya merupakan masalah psikologis berkaitan dengan kondisi kejiwaan individu yang bersangkutan, misalnya masuknya teknologi yang begitu cepat.

Model handphone berganti dalam kurun waktu yang tidak lama. Seseorang yang selalu menginginkan model handphone terbaru dan mengikuti tren dapat mengalami penyakit kejiwaan. Penyesuaian juga harus dilakukan oleh lembaga kemasyarakatan, seperti lembaga ekonomi, lembaga sosial, lembaga hukum, lembaga agama, dan lembaga politik sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini dilakukan agar lembaga kemasyarakatan dapat berfungsi secara optimal bagi kesejahteraan masyarakat.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Masyarakat harus selalu siap menghadapi perubahan sosial dan tantangan globalisasi. Jelaskan contoh"