Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana proses pengolahan cangkang kerang sebelum dibuat menjadi kerajinan

Bagaimana proses pengolahan cangkang kerang sebelum dibuat menjadi kerajinan?

Jawab:

Sebelum digunakan sebagai barang kerajinan tangan, cangkang kerang perlu diolah yaitu di- bersihkan dari kotoran dan lumpur sehingga warnanya menjadi menarik. Berikut cara membersihkan cangkang kerang dengan mudah.

   a. Kumpulkan cangkang kerang dan pilih yang masih kuat, tidak pecah atau rusak.

   b. Masukkan ke dalam sebuah baskom.

   c. Tambahkan air sehingga seluruh bagian kumpulan cangkang kerang terendam dalam air.

   d. Tuangkan beberapa tutup botol pemutih pakaian. Coba saja mengikuti takaran yang tertera pada label pemutih. Terlalu banyak menambahkan pemutih dalam air rendaman akan menyebabkan cangkang nantinya mudah patah atau pecah, sedangkan jika terlalu sedikit cangkang menjadi kurang bersih. Jangan mencampurkan pemutih pakaian dengan detergen secara langsung karena akan terjadi reaksi kimia yang menghasilkan gas beracun. Jangan lupa baca peringatan yang tertera pada label pemutih pakaian yang digunakan.

   e. Biarkan cangkang kerang dalam air rendaman tersebut selama sehari semalam. Perendaman akan membuat kotoran-kotoran yang menempel dan juga lumut yang menempel pada kulit kerang akan mati dan terkelupas.

   f. Buang air rendaman, lalu bilas dengan air bersih sambil digoyang-goyangkan (diaduk-aduk) agar semua residu larutan pemutih dan kotoran bersih. Walaupun demikian, biasanya masih ada sisa-sisa kotoran yang menempel terutama pada bagian cangkang yang bergerigi dan lekukan-lekukan.

    g. Tambahkan sabun pencuci piring atau detergen dan beri sedikit air sehingga semua cangkang kerang terbasahi dengan detergen.

    h. Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel pada celah-celah dan gerigi cangkang kerang hingga bersih.

    i. Bilas semua cangkang yang telah disikat dengan air bersih.

    j. Setelah itu, keringkan cangkang kerang. Selanjutnya, bila telah benar-benar kering, cangkang kerang yang telah bersih dapat digunakan untuk membuat kerajinan.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Bagaimana proses pengolahan cangkang kerang sebelum dibuat menjadi kerajinan"

close