Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dalam kehidupan sehari-hari, makan merupakan salah satu kebutuhan pokok. Di era modern sekarang ini

Dalam kehidupan sehari-hari, makan merupakan salah satu kebutuhan pokok. Di era modern sekarang ini manusia dihadapkan pada persoalan banyaknya penggunaan bahan kimia dalam berbagai bahan makanan. Contoh yang sering terjadi adalah penggunaan pupuk kimia atau pupuk anorganik dalam pertanian. Padahal penggunaan pupuk tersebut tidak baik untuk lingkungan juga untuk kesehatan manusia.

Berdasarkan kasus di atas, tentukan langkah-langkah metode ilmiah untuk mengatasi persoalan tersebut!

Pembahasan:

a. Menentukan objek penelitian padi.

b. Mengidentifikasi masalah = kita mengonsumsi buah dan sayur, yang cara perawatannya menggunakan pupuk yang sebenarnya tidak baik bagi kesehatan dan lingkungan sekitar.

c. Mencari info-info yang berkaitan dengan permasalahan tersebut, misal sudah menemukan solusinya yaitu menggunakan pupuk alami berupa pupuk cair berbahan dasar sisa sayuran dan minuman sehari-hari.

d. Setelah menemukan solusi terkait permasalahan yang ada, kita menyusun hipotesis (jawaban sementara). Misal hipotesisnya yaitu dengan penggunaan pupuk cair tanaman akan lebih subur, karena zat hara tidak hilang, dan tentunya tidak membahayakan kesehatan manusia.

e. Melakukan uji/penelitian untuk membuktikan kebenaran hipotesis dengan beberapa parameter, misal untuk uji kesuburan tanaman dengan mengamati lebar daun dan tinggi  batang.

f. Mengolah data hasil penelitian dan pengamatan

g. Jika data yang diperoleh selaras dengan hipotesis awal, hipotesisnya tepat

h. Menjelaskan hasil dari penelitian dan menarik kesimpulan sesuai data yang diperoleh.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Dalam kehidupan sehari-hari, makan merupakan salah satu kebutuhan pokok. Di era modern sekarang ini"